Social Icons

Pages

Tuesday 17 June 2014

tips memilih mesin jahit

     tips memilih mesin jahit




Tips Memilih Mesin Jahit

Bagi sebagian besar orang yang masih belum begitu akrab dengan dunia jahit, namun berkeinginan untuk terjun ke dunia jahit, tentunya memilih mesin jahit bukanlah hal yang mudah bagi mereka. Mengingat saat ini ada banyak macam mesin jahit yang dijual di pasaran. Kita harus bisa cermat dalam memilih dengan menyesuaikan kegunaannya. Ada beberapa tips memilih mesin jahit yang bisa Anda gunakan sebagai panduan sebelum membelinya.

Banyak sekali jenis mesin jahit yang ada dipasaran, dari yang hanya berharga ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah. Untuk anda yang hanya ingin menggunakan mesin jahit untuk hobby atau penjahit rumahan, rasanya tidak perlu membeli mesin jahit high speed kelas industri, cukup mesin jahit bermesin kecil atau mesin jahit manual. Kecuali untuk mesin obras atau mesin neci, aku sarankan untuk membeli mesin besar karena hasilnya lebih bagus dan kuat dibandingkan mesin obras dinamo kecil. Tidak harus membeli mesin yang baru kok, beli saja mesin second, tapi kita harus teliti dan hati-hati membeli mesin second ini.
Bila kita sudah memutuskan untuk membeli mesin jahit low speed (mesin jahit dinamo kecil),biasanya akan muncul lagi pertanyaan, akan memilih mesin jahit multifungsi (portable) atau mesin jahit lurus (mesin kayuh/manual)….kalau menurut aku sih, kalo bisa kita beli dua-duanya . Dengan mesin jahit portable (multifungsi), kita bisa memilih banyak model jahitan/variasi (tergantung jenis mesin), jadi tidak hanya jahitan lurus saja, selain itu mesin ini juga bisa digunakan untuk membuat lubang kancing, jahitan semi obras dan semi neci. Nah biasanya aku mengkombinasikan kedua mesin tsb, untuk menjahit lurus aku gunakan mesin jahit lurus, sedangkan untuk menjahit variasi atau membuat lubang kancing aku gunakan mesin jahit portable ini. Salah satu kelebihan mesin jahit portable adalah mesin jahit ini bisa kita bawa-bawa (portable), tapi kelemahannya adalah kalau mati listrik, mesin ini tidak bisa kita gunakan, sedangkan mesin jahit kayuh masih bisa kita genjot kan.

Kalau aku diharuskan untuk membeli salah satunya dulu, mungkin aku akan membeli mesin jahit portable terlebih dahulu, karena mesin jahit ini memiliki fungsi yang lengkap dan lebih mudah dioperasikan daripada mesin jahit manual (kayuh). Percaya atau tidak, banyak mereka yang bisa/biasa menjahit mengunakan mesin dinamo, begitu disuruh genjot, nggak maju-maju tuh….alias tidak bisa.
Tapi dalam memilih mesin jahit portable, kita harus teliti dan hati-hati karena saat ini dipasaran banyak sekali daleman mesin (tuas,poros,dll) yang menggunakan material yang terbuat dari plastik, sehingga berat mesin sangat enteng tetapi daya tahan dan kekuatan sangat berkurang.  Meskipun demikian, mesin jahit dinamo multifungsi sebaiknya tidak sering-sering kita gunakan dengan fungsi yang berbeda-beda (maksudnya sebentar-bentar untuk lubang kancing terus untuk neci, untuk obras terus balik lagi ke jahit lurus dll) karena bisa cepat rusak, lebih baik untuk fungsi menjahit lurus biasakan menggunakan satu mesin jahit lurus atau mesin yang khusus untuk menjahit lurus dan untuk menjahit obras/neci gunakan mesin dengan tujuan khusus tersebut. Beberapa tips memilih mesin jahit untuk Anda diantaranya:

1. Beli mesin jahit sesuai kriteria kebutuhan Anda

Sesuaikan dengan budget dan keperluan Anda. Baik dilihat kegunaan untuk jahitan rumahan atau jahitan industri. Sampaikan kepada penjual kegunaan mesin jahit yang Anda perlukan.

2. Memilih rangka / bahan mesin jahit yang kuat

Ada banyak merk yang ditawarkan, mungkin nanti Anda akan terlena dengan harga yang murah he he.. Namun sebaiknya Anda melihat body / bahan mesin. Pilih yang kuat dan tidak ringkih ya.

3. Pilih merk yang memiliki banyak persediaan suku cadang / sparepart

Dengan memilih mesin jahit yang memiliki banyak persediaan sparepart yang dijual di pasaran, tentunya ketika mesin kita memerlukan sparepart sewaktu waktu, kita tidak akan kesulitan bukan?

4. Coba dahulu mesin jahit yang akan kita beli

Dengan mencoba menjahit di tempat, kita akan tahu bagaimana rotasi mesin jahit tersebut. Baik suaranya,putaran mesinnya, pengoperasiannya. Pilih yang bersuara halus rotasi mesinnya.

5. Pilih yang ada garansinya ya…

Terakhir, jangan heran kalau kita ke toko mesin jahit yang cukup besar, akan kita dapati merk-merk mesin jahit yang sebelumnya belum pernah kita dengar atau bayangkan seperti Yamato, Pegasus, Bernina, Mitsubhisi, Toyota, Brothers, Chiyoda dll….. biasanya merk-merk itu digunakan untuk mesin jahit industri bukan rumahan.

Nah semoga dengan membaca postingan ini Anda lebih peka dalam tips memilih mesin jahit.

No comments:

Post a Comment

 

Hanlin Website

Kaskus Forum

 
Blogger Templates