Social Icons

Pages

Thursday 12 June 2014

Cutting Machine atau Mesin Potong Kain

Sebelum memotong kain perlu mengetahui alat-alat dan mesin yang diperlukan dalam memotong kain, sehingga dalam memotong kain  akan dihasilkan komponen-komponen pakaian  yang sesuai dengan standar kualitas order dan mempunyai ukuran dan bentuk komponen yang tepat .
 
2.1 Menyiapkan mesin dan peralatan pemotongan kain
 
Mesin potong yang digunakan pada industri garmen ada 5, yaitu :
 
a.   Mesin potong dengan pisau lurus atau vertikal ( Straight Cutter )
      Yaitu mesin potong yang mempunyai mata pisau berbentuk satu lembar plat baja lurus dan pada waktu memotong mata pisau tersebut bergerak naik turun ( dua arah ) . Ukuran panjang mata pisau antara 5 – 14 inci.
 
      Digunakan untuk memotong susunan kain yang cukup tinggi . Ketinggian susunan  
      kain disesuaikan dengan panjang pisau dan kapasitas mesin potong.
 
 
  
b.   Mesin potong dengan pisau bundar ( Rotary /Round Cutter )
Yaitu mesin potong yang mempunyai mata pisau berbentuk piringan, pada waktu memotong mata pisa bergerak memutar pada as ke satu arah ( ke depan ). Ukuran diameter pisau potong adalah 2,5 – 10 inci.
Digunakan untuk memotong kain dengan tumpukan yang tidak tinggi karena terbatas dengan ukuran diameter pisau potong, maksimum tinggi tumpukan kain adalah setengah dari diameter pisai yang dipakai.
 
c.   Mesin potong dengan pisau pita atau lembaran ( Band Knife )
Yaitu  mesin potong yang mempunyai mata pisau berbentuk  pipih / pita pada kedua ujungnya menyambung / melingkar,sehingga gerak mata  pisau waktu memotong adalah melingkar kesatu arah , dan untuk menggerakkan mata pisau tersebut dikontrol oleh beberapa roda penggerak yang juga berfungsi untuk menjaga ketegangan lembaran  mata pisau.Jadi mata pisaunya bergerak statis satu arah,sehingga proses pemotongan terlaksana dengan mendorong kain yang akan dipotong kearah mata pisau yang terus berputar, kita tinggal menggerakkan tumpukan kain sesuai bentuk pola / marker yang akan dipotong. 
 
Digunakan untuk memotong bagian – bagian yang sulit dan banyak lengkungan.
 
d.   Mesin potong cetak ( Die Cutting Press )
Yaitu mesin potong yang mempunyai mata  pisau berbentuk pola komponen yang akan dipotong dan degerakkan secara hidrolik.
Digunakan untuk memotong  komponen tertentu yang memerlukan ketelitian tinggi. Misalnya kerah, kantong, klep, manset, dan sebagainya.
 
      e.   Laser Knife :
Yaitu mesin potong automatic generasi terbaru yang sistem dan cara kerjanya adalah  :
-    Pola / marker  garmrn yang akan diproduksi terlebih dulu direkam dengan sistem CAD / CAM.
-    Hasil rekaman marker dipindahkan ke mesin potong yang telah diletakkan diatas meja potong  dengan posisi kain siap untuk dipotong.
-    Mesin potong secara automatis akan bergerak sesuai dengan marker  yang telah diprogram dengan sistem CAD / CAM.
 
Mesin ini memancarkan sinar laser yang besarnya 0,1 mm dengan hasil pemotongan kain dijamin akurat sesuai bentuk dan ukuran pola. Pada proses pemotongan dengan sinar laser ini sama sekali tidak terjadi pergeseran atau tekanan pada bidang- bidang kain seperti bila menggunakan mesin potong konvensional.
 
          Setelah kita memperhatikan kelima jenis mesin potong tersebut diatas, maka untuk pemilihan atau pemakaian mesin potong yang akan digunakan dalam proses produksi harus pula memperhatikan jenis, bentuk, sifat, dan konstruksi bahan tekstil serta besar / kecilnya komponen dari marker yang akan dipotong.

1 comment:

 

Hanlin Website

Kaskus Forum

 
Blogger Templates