Social Icons

Pages

Saturday 7 June 2014

Mengenal Jenis Jarum Jahit Kaos

Jarum jahit adalah adalah alat jahit yang paling penting selain benang. Menjahit pada dasarnya adalah menyatukan potongan kain, menggabungkan kain dengan bantuan benang dan jarum. Jarum ini berfungsi untuk melubangi kain yang dilalui oleh benang. Jarum jahit terdiri dari dua jenis, yaitu jarum jahit tangan dan jarum jahit mesin. Kedua jarum ini berbeda. Jarum tangan khusus digunakan untuk menjahit dengan tangan, sedangkan jarum jahit mesin digunakan khusus untuk menjahit dengan mesin. Bentuk keduanya pun berbeda. Pada jarum tangan memiliki mata runcing dengan kepala jarum yang berlubang. Sedangkan pada jarum mesin ujung bagian yang runcing juga merupakan bagian jarum yang berlubang.

Dalam mesin jahit, jarum jahit, meskipun bentuknya kecil namun merupakan motor utama mesin jahit bekerja. Jarum jahit memiliki fungsi dan bentuk yang berbeda, tergantung ketebalan kain, jahitan yang akan dihasilkan, dan jenis mesin jahit yang digunakan. Jarum jahit mesin memiliki nomor-nomor tersendiri. Nomor ini menunjukkan ukuran jarum. Semakin kecil nomor jarum, semakin besar diameter dan ukurannya pun semakin panjang. Nomor jarum tertera pada kemasan atau pada jarum jahit tertera pada bagian pangkal jarum, di ujung yang tidak berlubang. Jarum jahit juga berbeda-beda, tergantung dari mesin jahit yang digunakan. Berikut ini adalah  beberapa jenis jarum jahit yang biasa digunakan pada konveksi.

A. Jarum tangan

Jarum ini digunakan khusus untuk menjahit dengan tangan. Ada beberapa jenis jarum tangan, antara lain:

Jarum sharp disebut juga jarum serba guna. Kepala jarum berlubang dengan ujung jarum yang runcing.

Jarum wol. Jarum wol berbentuk mirip dengan jarum sharp. Perbedaannya adalah lubang jarum yang lebih lebar, sehingga bisa digunakan untuk memasukkan beberapa helai benang atau benang sulam yang terbuat dari wol yang lebih tebal dan berdiameter lebih besar dibanding benang jahit biasa.
 
.
                                                    jarum-jahit-tangan

B.Jarum mesin

Jarum mesin khusus digunakan pada mesin.  Jarum mesin berbeda-beda ukuran dan bentuknya, sesuai dengan mesin yang digunakan.

Jarum mesin jahit
Jarum mesin jahit berbentuk pipih. Bagian jarum yang berlubang adalah juga merupakan ujung jarum yang runcing. Jarum ini memiliki nomor-nomor ukuran, sesuai dengan type mesin, ketebalan kain, dan bentuk jahitan yang diinginkan.

Jarum mesin obras
Jarum mesin obras hampir mirip dengan jarum mesin jahit, namun berukuran lebih pendek.

Jarum mesin jahit industri
Jarum mesin jahit industry berbeda dengan jarum jahit biasa. Jarum ini biasanya digunakan pada industri garmen. Jarum mesin industri berbentuk silinder.
.
                                         jenis-jarum-jahit

Memilih jarum mesin harus disesuaikan dengan kegunaan dan tipe mesin. Demikianlah aneka jenis jarum jahit yang sering digunakan dalam konveksi. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

 

Hanlin Website

Kaskus Forum

 
Blogger Templates