Social Icons

Pages

Sunday 8 June 2014

Mengenal Aneka Jenis Perlengkapan Konveksi

Ingin memulai membuat usaha konveksi anda sendiri? Berikut penulis akan menjelaskan mesin konveksi yang anda butuhkan untuk memulainya.

Beragam Jenis mesin Konveksi

• Mesin Jahit High Speed
Mesin jahit yang digunakan pada konveksi pakaian jadi berbeda dengan mesin jahit yang digunakan di rumah tangga. Perbedaan tersebut terletak pada besarnya dinamo yang digunakan dan kecepatan menjahitnya di mana mesin jahit konveksi menggunakan dinamo besar dengan kecepatan jahitan mencapai 5000 jahitan per menit.

• Mesin Jahit Obras Benang 5
Mesin ini merupakan salah satu mesin pokok yang paling dibutuhkan dalam proses pembuatan pakaian jadi. Mesin konveksi ini digunakan untuk mengunci sisa lipatan pakaian yang belum terlihat rapi. Walaupun tersedia dalam beberapa jenis di pasaran yaitu benang 3, 4 dan 5. Benang 5 lebih efisien digunakan karena dapat difungsikan menjadi mesin overlock/ obras benang 3 dan benang 4.

• Setrika Uap Bahan Bakar Gas
Setrika uap menghasilkan panas yang lebih kuat dibanding setrika biasa. Selain itu, walaupun setrika uap diset sepanas apapun tidak akan menimbulkan noda gosong pada kain karena panas setrika uap berasal dari uap air. Hal ini sangat dibutuhkan ketika menyetrika kerah kemeja, terutama melipat baju dalam jumlah banyak. Tidak heran, banyak konveksi-konveksi dari skala kecil sampai besar menggunakan setrika uap dalam tahap finishing baju yang diproduksinya.

• Setrika Uap Listrik
Setrika uap dengan kapasitas yang lebih kecil dibandingkan setrika uap berbahan bakar gas karena setrika uap ini menggunakan listrik untuk menjalankannya.

• Mesin Press Uap
Mesin konveksi yang memiliki fungsi sama dengan setrika uap namun memiliki tingkat efisiensi yang lebih tinggi untuk melakukan proses pressing lapisan kain keras pada pakaian.

• Mesin Jahit Lubang Kancing
Digunakan untuk membuat lubang kancing sekaligus memotong sisa benang yang tersisa dari proses tersebut. Mesin ini memiliki harga yang paling mahal diantara mesin assembling pakaian jadi lainnya dikarenakan kerumitan mesin tersebut dan kesempurnaan hasil kerjanya.

• Mesin Jahit Pasang Kancing
Mesin jahit ini digunakan untuk memasang kancing secara otomatis di titik kait baju. Mesin ini hanya terbatas penggunaannya pada kancing yang memiliki lubang di tengahnya dan minimal memiliki 2 lubang.

• Mesin Press Kancing
Mesin yang digunakan untuk membuat kancing bungkus dan kancing jepret dengan cara ditekan ke bawah. Salah satu detail yang jarang dilihat namun amat penting untuk mengejar standar kualitas yang baik.

• Mesin Jahit Lipatan Pergelangan Kaki
Menjahit lipatan pergelangan kaki atau yang lebih dikenal dengan istilah som sebenarnya akan jauh lebih baik untuk dikerjakan menggunakan tangan daripada menggunakan mesin dikarenakan kehalusan tingkat pekerjaan mesin tersebut kalah oleh tangan manusia. Akan tetapi untuk konveksi pakaian jadi maka alangkah baiknya bila mesin tersebut ada untuk menghemat waktu pengerjaan pakaian.

• Mesin Jahit Serba Guna
Mesin ini dapat menggantikan beberapa fungsi mesin konveksi yang lain diantaranya memasang lubang kancing, memasang kancing, menjahit lipatan pergelangan kaki, menjahit biasa, menjahit variasi sampai fungsi bordir manual. Kelemahan mesin ini terletak pada dinamonya yang kecil sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk proses dibandingkan dengan mesin jahit industri lainnya.

• Mesin Potong Listrik
Mesin konveksi ini digunakan untuk memotong bahan dalam jumlah banyak dan menggunakan kumparan tembaga sebagai dinamonya dan pisau melingkar 45 inci sebagai mata pisaunya.
Anda sendirilah yang menentukan ingin sebesar apa usaha yang ingin anda buat, jadi pilihlah mesin-mesin tersebut dengan tepat. Mesin apa yang ingin anda gunakan dari awal maupun mesin yang bisa anda gunakan nanti. Pilihlan mesin anda dengan cerdas dan cermat, karena mungkin saja anda akan menemukan mesin second hand maupun mesin dengan merek antah berantah murah namun dengan jangka waktu pemakaian yang sebenarnya tidak terlalu lama dan nilai jual kembali yang rendah.

No comments:

Post a Comment

 

Hanlin Website

Kaskus Forum

 
Blogger Templates