Social Icons

Pages

Saturday 7 June 2014

Perhitungan Memulai Bisnis Konveksi Kaos

Usaha konveksi adalah salah satu lini usaha pemenuhan kebutuhan dasar, yaitu kebutuhan sandang. Usaha ini terus berkembang seiring dengan kebutuhan pakaian. Dunia fashion yang dinamis dengan selalu bergantinya tren mode semakin menjadikan bisnis konveksi ini memiliki ruang gerak yang luas, prospeknya pun sangat menjanjikan.

Bisnis konveksi terdiri dari berbagai macam jenis, seperti konveksi pakaian anak-anak, pakaian kerja, pakaian pria, jaket, pakaian wanita, konveksi kaos, dan aksesories fashion lainnya seperti tas, dompet, dan topi. Sebelum memulai, jenis usaha konveksi harus terlebih dahulu ditentukan.

Sebelum memulai usaha konveksi kaos, diperlukan beberapa persiapan yang penting. Pertama adalah mengenai tempat kerja. Konveksi kaos akan membutuhkan ruang untuk produksi. Ruang produksi konveksi harus mampu menampung seluruh alat produksi. Jika anda menyewa tempat, harus diperhatikan juga unsur biaya sewa yang dimasukkan dalam modal awal. Memiliki tempat produksi sendiri akan jauh lebih menguntungkan. Kedua adalah peralatan produksi. Peralatan produksi konveksi kaos memerlukan beberapa jenis mesin pendukung selain mesin jahit. Kedua hal ini adalah modal utama yang diperlukan untuk membuka usaha konveksi kaos. Berikut adalah perkiraan kasar modal awal membuka konveksi kaos (satuan Rupiah periode tahun 2013)

Mesin potong pola : 1. 000. 000 (harga mulai 500. 000 hingga 2. 200. 000)
Mesin jahit             : 3. 000. 000 – 4.000.000 (tergantung merk)  
Mesin obras           : 4. 000. 000 (tergantung merk)
Mesin overdeck     : 5. 000. 000 (tergantung merk)
Peralatan jahit        :  500. 000 (gunting, jarum, dll)
Bahan konveksi     :  10. 000.000 (untuk pemula)

Total perkiraan kasar usaha konveksi kaos di atas adalah sekitar dua puluh empat juta rupiah. Harga mesin konveksi kaos rata-rata mulai dari tiga juta rupiah. Harga mesin impor relatif tinggi, mulai dari sekitar lima juta rupiah. Perkiraan di atas diambil dari harga rata-rata. Mesin kualitas impor memiliki kualitas yang baik dan tahan lama. Pemilihan mesin ini bisa anda sesuaikan dengan skala usaha yang diinginkan. Selain mesin baru, di pasaran juga tersedia mesin impor second. Harganya juga masih relatif tinggi. Untuk membeli mesin produksi second, harus diperhatikan juga kondisinya, jangan asal membeli karena merk saja. Harga mesin potong juga bervariasi, tergantung dari ukuran dan kapasitas mesin memotong tumpukan kain.
.

Hal lain yang perlu diperhatikan terutama dalam pembelian modal peralatan mesin produksi konveksi kaos adalah mengenai suku cadang dan servis. Sebelum memilih merk dan membeli, pastikan mesin tersebut memiliki tempat servis yang dekat dan ketersediaan suku cadang yang mudah didapatkan agar dapat segera ditangani jika terjadi kerusakan di kemudian hari. Nah, demikian perkiraan modal bisnis konveksi kaos. Selamat berbisnis konveksi!


1 comment:

  1. CariTiketPesawat Online Super Cepatdanmurah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Inginusahamenjadiagentiketpesawat??
    Yang memilikipotensipenghasilantanpabatas.
    Bergabungsegera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI HUBUNGI:
    No handphone : 081275049340
    PIN : D11EAC9F

    ReplyDelete

 

Hanlin Website

Kaskus Forum

 
Blogger Templates